Thursday, 8 October 2009

Suzuki History



Michio Suzuki (Japanese: 鈴木 通夫 Suzuki Michio; October 2, 1926May 31, 1998) was a Japanese mathematician who studied group theory.
He was a Professor at the University of Illinois at Urbana-Champaign from 1953 to his death. He also had visiting positions at the University of Chicago (1960–61), the Institute for Advanced Study (1962–63, 1968–69, spring 1981), the University of Tokyo (spring 1971), and the University of Padua (1994). Suzuki received his Ph.D in 1952 from the University of Tokyo, despite having moved to the United States the previous year. He was the first to attack the Burnside conjecture, that every finite non-abelian simple group has even order.
A notable achievement was his discovery in 1960 of the Suzuki groups, an infinite family of the only non-abelian simple groups whose order is not divisible by 3. The smallest, of order 29120, was the first simple group of order less than 1 million to be discovered since Dickson's list of 1900.
There is also a sporadic simple group called the Suzuki group, which he announced in 1968. The Tits ovoid is also referred to as the Suzuki ovoid.
He wrote several textbooks in Japanese.

[Michio Suzuki adalah pemilik usaha yang membuat alat (peralatan) untuk menenun Sutra... Usaha ini di mulai pada tahun 1909an.

Seperti kita ketahui, setelah Perang Dunia ke 2 banyak, perusahaan-perusahaan yang gulung tikar karena adanya krisis yang menyeluruh.
Begitu juga perusahaan Suzuki ini tidak luput dari masalah keuangan.
Akhirnya pada tahun 1952, Suzuki mencoba membuat Bracket untuk mesin tempel pada sepeda Sepeda buatan Suzuki yang pertama dinamakan Power Free (untuk kapasitas 36 cc), lalu dilanjutkan dengan Diamond Free (utk Kapasitas 60cc).

Dan pada tahun 1954, Suzuki mencoba membuat sepeda motor pertamanya dengan nama COLLEDA 90cc. Tidak banyak yang bisa dilakukan Suzuki saat itu. Sampai tahun 1960-an hanya memproduksi sedikit karena permintaan export tidak banyak.

Pada tahun 1967, Suzuki mencoba membuat T500 dan diexport ke Amerika dan Inggris dengan nama Titan (USA) atau Cobra (Inggris). Karena dinilai cukup sukses maka T500 terus dikembangkan sehingga menjadi GT500 yang terus diproduksi hingga tahun 1977.

Sebenarnya tahun1971, Suzuki membuat GT750 (Water Buffalo) tapi tidak sukses untuk pasar Superbike didunia pada saat itu. Dilanjutkan pada Tahun 1976, Suzuki membuat GS750 sebagai perbaikan dari GT750. GS750 ini sangat cepat menjadi populer (cukup sukses). Kemudian dilanjutkan menjadi GS1000 pada tahun 1978. GS 1000 ini mencapai sukses yang luar biasa dan sangat diterima market saat itu. Kesuksesannya ada pada frame terlihat lebih kokoh dibanding motor-motor lain saat itu. GS 1000 dikembangkan menjadi GSX 1000 ditahun 1980 dan GSX 1100 Katana di tahun 1982.
Disinilah Suzuki mencapai sukses besar karena model ini dikenal power full (kencang larinya), style-nya yang modern, body ringan dan harganya yang sangat kompetitif.
Pada tahun 1986, kembali Suzuki membuat gebrakan dengan model andalanya GSX-R750 dan GSX-R 1100. Wah.. yang ini terkenal sebagai motor super cepat pada saat itu, karena model ini benar-benar mengadopsi motor balap beneran...tapi memang diperuntukan dijalan raya... jadi ya.... kuenceng banget larinya.
GSX-R750 terus diproduksi sampai saat ini ...(karena good sale), Tetapi GSX-R 1100 Suzuki mengalami kerugian karena penjualan tidak baik, dan distop produksinya.
Kemudian di tahun 1990an, GSX-R 1100 dicoba didesign ulang, tetapi tetap kurang mencapai kesuksesan. Maka pada tahun 1999, Suzuki membuat gebrakan yang kesekian kalinya dengan memproduksi GSX-1300R yang kita kenal dengan nama HAYABUSA]


Suzuki - Japan Car Company
Founded: 1909, Founder: Michio Suzuki, Headquarters: Hamamatsu, Shizuoka, Japan

Suzuki Motor Corporation (スズキ株式会社, Suzuki Kabushiki-Kaisha?) is a Japanese multinational corporation headquartered in Hamamatsu, Japan that specializes in manufacturing compact automobiles, a full range of motorcycles, all-terrain vehicles (ATVs), outboard marine engines, wheelchairs and a variety of other small internal combustion engines. Suzuki is the 9th largest automobile manufacturer in the world by production volume, employs over 45,000 people, has 35 main production facilities in 23 countries and 133 distributors in 192 countries.[citation needed] "Suzuki" is pronounced [suzuki] in Japanese, with a high tone on the [ki]. It is pronounced /səˈzuːki/ sə-ZOO-kee in English, with a stressed zu. This pronunciation is used by the Suzuki company in marketing campaigns directed towards this demographic.
Michio SuzukiMichio Suzuki
1887- 1982
Suzuki logo
Suzuki logo
Suzuki Car Company links:
www.suzuki.com
Auto catalog: Suzuki
Wikipedia: Suzuki

No comments:

Post a Comment