Hambatan terbesar pada teknologi gadget adalah batere. Ya, selama 50 tahun terakhir teknologi batere belum berubah banyak. Bayangkan kenikmatan dan juga penghematan andaikata batere yang mendayai iPhone 3G, notebook dan PDAphone kita mampu bekerja lebih dari satu hari setelah diisi penuh satu kali saja.
Pada dasarnya semua batere bekerja dalam cara yang sama. Zat kimia yang ada di dalam batere menghasilkan elektron-elektron, yang berkumpul pada ujung negatif batere, dan mengubah energi kimia menjadi energi listrik.
Ketika kita memasang batere di dalam gadget, electron-elektron mengalir ke seluruh gadget dan kembali ke ujung positip batere, membuat sebuah siklus dan menyebabkan proses kimiawi yang menghasilkan energi, yang membuat gadget Anda bekerja.
Lalu mengapa ada berbagai jenis batere? Campuran kimia di dalam batere-lah yang menyebabkan perbedaan tersebut. Berdasarkan campuran itu pula, batere diklasifikasikan.
Nah, kenalilah tipe batere gadget Anda dan juga cara merawatnya agar dayanya awet.
1. Alkaline adalah jenis batere yang paling umum ditemukan. Batere yang harganya murah dan dayanya habis dalam sekali pakai ini bisa mendayai Game Boy Anda selama 20 menit (atau 2,5 menit pada Sega Nomad).
Kerapatan energi, jumlah daya yang dikandung batere Alkaline tidak buruk, tetapi pada gadget yang haus energi seperti MP3 player atau kamera digital, daya batere ini cepat terkuras habis. Namun untuk gadget yang tidak tinggi tuntutan dayanya, batere Alkaline bisa bertahan lama, bahkan bisa bertahun-tahun. Sayangnya batere ini tidak bisa diisi ulang.
2. Silver oxide atau batere silver-zinc menyediakan cukup banyak daya dan tahan lama. Batere tipe ini dipakai dalam jam tangan dan juga mainan anak-anak, maupun di torpedo dan kapal selam, atau perangkat lain yang mementingkan kinerja, bukan harga. Kelemahannya, perak yang digunakannya mahal jika ukuran batere lebih besar daripada kancing yang dipakai pada gadget. Selain itu, di akhir masa pakainya batere ini seringkali bocor dan lelehan merkuri-nya berbahaya.
3. Batere Lead-acid terdiri dari dua tipe besar: batere pemicu seperti yang ada di mobil Anda dan dirancang untuk lonjakan daya singkat; dan batere bersiklus panjang yang memberikan daya yang lebih rendah, lebih ajek dan digunakan di kapal, mobil golf, dan sebagai daya cadangan di berbagai gadget.
4. Batere Alkaline Isi Ulang (rechargeable): Mirip batere Alkaline biasa, tetapi dibuat agar bisa diisi ulang – artinya membuat elektron-elektron dipompa masuk kembali ke dalam batere. Tidak sepeti batere Nickel metal hydride, batere ini tidak habis dayanya bila tidak dipakai, tetapi kapasitasnya berkurang setiap kali diisi ulang dan tidak setinggi batere Alkaline biasa.
5. Nickel Cadmium, alias NiCad, merupakan batere isi ulang pertama dan yang paling murah sehingga banyak dipakai di mainan anak-anak dan berbagai gadget. Pengisian ulang dayanya relatif cepat, tetapi memiliki efek memori. Jika dayanya belum habis saat Anda melakukan isi ulang akan terbentuk kristal-kristal besar yang membatasi daya yang disediakan di kali berikutnya. Selain itu kendati tidak dipakai, batere akan kehabisan seluruh dayanya setelah sekitar 90 hari.
6. Nickel metal hydride, alias NiMH, menggantikan kadmium dalam NiCad dengan campuran yang membuatnya mampu menahan lebih banyak energi (40%) pada ruang yang sama dibandingkan NiCad. Masih ada efek memori di sini, tetapi tidak separah pada NiCad. Kecuali pada batere tipe yang lebih baru, seperti Sanyo eneloop, daya yang ada perlahan-lahan akan habis walaupun batere tidak dipakai.
7. Lithium ion alias Li-ion menjadi batere standar pada gadget masa kini. Dibandingkan batere dengan bahan nikel, Li-Ion lebih efisien energi dan tidak memiliki efek memori, tetapi juga lebih mahal harganya. Namun batere tipe ini tidak boleh dibuang sembarangan karena bisa meledak (walaupun hanya terjadi beberapa kali per satu juta batere). Dibandingkan NiMH, siklus isi ulang batere Li-ion lebih pendek setengahnya ( 1000 vs. 500 kali).
Ada kelemahan lain. Jika daya batere benar-benar habis dan voltase-nya turun di bawah ambang tertentu, kapasitas energi batere Li-ion akan menciut secara permanen. Karena itulah batere dirancang untuk mati jika dipasang setelah waktu tertentu. Biasanya, jika Anda punya gadget dengan batere bertipe isi ulang, tipe Li-Ion-lah yang dipakai. Jika tidak, mungkin baterenya berjenis Li-Poly.
8. Lithium ion poly atau lithium poly atau li-poly (Li-Po), berasal dari lithium ion tetapi menggunakan elektrolit berbasis polimer gel. Karena itu namanya menjadi lithium ion poly. Batere tipe ini lebih bandel (tidak mudah meledak) dibandingkan Li-ion standar, lebih ringan dan bisa dibentuk sesuka hati. Anda akan semakin sering menjumpainya sebagai pengganti lithium-ion di laptop dan gadget lain. Kelemahannya, batere ini lebih cepat habis dibandingkan Li-ion biasa.
9. Lithium iron phosphate (Li-Fe) merupakan perkembangan dari lithium ion yang menggantikan campuran oksida kobalt dalam li-ion. Tipe ini lebih kecil kemungkinannya meledak dan dapat melepaskan kapasitas dan terisi ulang sangat cepat. Namun sampai saat ini lithium iron phosphate masih mahal dan rumit pembuatannya. Mau tahu di mana batere ini ada? Antara lain di laptop OLPC XO dan mobil hibrida.
Saturday, 14 November 2009
LOOK!!
Pepatah mengatakan Mata itu adalah cermin dari jiwa! Tetapi sungguh binatang-binatang mempunyai suatu jiwa? pada potret berikut mengambil dari dekat mata-mata mereka yang sangat menakjubkan.
Friday, 13 November 2009
Monas
Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda.
Monumen Nasional yang terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, dibangun pada dekade 1961an.
Tugu Peringatan Nasional dibangun di areal seluas 80 hektar. Tugu ini diarsiteki oleh Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno, mulai dibangun Agustus 1959, dan diresmikan 17 Agustus 1961 oleh Presiden RI Soekarno. Monas resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.
sumber
Truck BELAZ
Banyak Perusahan Tambang di Negara yang mempunyai Sumber daya Alam tambang membutuhkan truck sebagai sarana Angkutnya,.
Tetapi bagaimana ya daerah tambang yang terpencil bisa di masuki Truck Raksasa ini?
Tentu saja dengan merakit dari bagian bagian terkecilnya sehingga menjadi Truck dan ini di kerjakan di Area Pertambangan.
Adalah Belarus-Rusia membangun pabrik mesin Truck BELAZ memiliki banyak dari offsprings diekspor ke berbagai negara di dunia setiap tahun., termasuk ke Indonesia.
Dan di sini adalah beberapa gambar tentang bagaimana TRUCK BELAZ ini sedang dirakit.
Mula-mula mereka me-mount mesin dengan roda depan untuk kasus truk. Kemudian memasang mount roda belakang dan sumbu roda depan kelompok. Setelah platform dan roda depan 'ban harus diinstal. Dan itu hampir semua, hanya beberapa detail dan truk siap untuk bekerja. Hanya kabin, hidrolika dan pemuatan platform yang tersisa. Pemuatan platform dikirimkan ke tujuan dipotong menjadi beberapa bagian karena mereka terlalu berat dan pekerja dari sebuah pabrik membakar mereka bersama-sama di tempat. Total berat seperti truk super-tugas adalah 130 ton.
Mulai Merakit yuk !
Siapkan Cassis-nya
Tahap Akhir tinggal pemasangan Bak
oke udah siap menjalankan tugas
Tetapi bagaimana ya daerah tambang yang terpencil bisa di masuki Truck Raksasa ini?
Tentu saja dengan merakit dari bagian bagian terkecilnya sehingga menjadi Truck dan ini di kerjakan di Area Pertambangan.
Adalah Belarus-Rusia membangun pabrik mesin Truck BELAZ memiliki banyak dari offsprings diekspor ke berbagai negara di dunia setiap tahun., termasuk ke Indonesia.
Dan di sini adalah beberapa gambar tentang bagaimana TRUCK BELAZ ini sedang dirakit.
Mula-mula mereka me-mount mesin dengan roda depan untuk kasus truk. Kemudian memasang mount roda belakang dan sumbu roda depan kelompok. Setelah platform dan roda depan 'ban harus diinstal. Dan itu hampir semua, hanya beberapa detail dan truk siap untuk bekerja. Hanya kabin, hidrolika dan pemuatan platform yang tersisa. Pemuatan platform dikirimkan ke tujuan dipotong menjadi beberapa bagian karena mereka terlalu berat dan pekerja dari sebuah pabrik membakar mereka bersama-sama di tempat. Total berat seperti truk super-tugas adalah 130 ton.
Mulai Merakit yuk !
Siapkan Cassis-nya
Tahap Akhir tinggal pemasangan Bak
oke udah siap menjalankan tugas
Subscribe to:
Posts (Atom)