Monday 9 November 2009

Pakaian Dalam = Underwear = Lingerie

PAPUA - Indonesia


http://www.amazing-planet.net/history-of-underwear.php


pakaian dalam ?? apaan sih itu ??

Pakaian dalam, juga disebut "celana dalam," "lingerie", atau "panties" (pakaian untuk wanita), atau kadang-kadang disebut "intimate clothing", dan "celana" atau "celana dalam(knickers)" di Inggris, adalah pakaian yang dikenakan paling dalam melapisi kulit, biasanya bawah pakaian lain


awal mulanya, sejarah kuno

loincloth/cawat
cawat... Hawaii kuno malo contohnya, seperti juga beberapa gaya dari fundoshi Jepang.

malo


fundoshi



Pada sebagian besar peradaban kuno, ini adalah satu-satunya pakaian dalam tersedia (Raja Tutankhamun dimakamkan dengan celana dalam).

kingtut



cewe romawi/yunani



Kain yang digunakan adalah wol, linen atau campuran linsey-Woolsey. Hanya kelas atas bisa saja memakai sutra import (lewat perdagangan antar negara)


Abad Pertengahan dan Renaisans
pertengahan
PRIACawat digantikan oleh celana longgar, celana panjang-seperti pakaian yang disebut braies, yang pemakainya melangkah ke dalam dan kemudian bertali atau diikatkan di pinggang dan kaki di sekitar pertengahan betis.

braies



Orang kaya sering memakai chausses juga, yang hanya menutupi kaki.
chausses



Henry VIII dari Inggris mulai membuat codpiece padding-nya sendiri. Tren codpieces namun berakhir pada akhir abad ke-16(maksudnya mungkin makin besar codpieces/kain penutup makin besar anunya.
codpieces henry


ini yang modern dikit



kemeja modern pria muncul selama era ini
contohnya



Wanita pada jaman pertengahan perempuan biasanya mengenakan pakaian ketat disebut kamisol atau shift atau smock, kadang-kadang dibarengi dengan kaki braies-sabagai bungkusnya.

Selama abad ke-16, farthingale populer. Ini adalah sebuah rok menegang dengan buluh atau batang willow sehingga berdiri keluar dari tubuh wanita, seperti kerucut memanjang dari pinggang.

kamisol,quiltedpetticoat,farthingale




Korset juga mulai dipakai waktu ini. Mula-mula mereka disebut pemasang/peramping tubuh, korset dirancang untuk dilihat, dan sebuah korset menegang dengan linen diikat keras.terbuat dari buluh, tongkat, tulang insang ikan paus dll, dikenakan di bawah yang lain, dekoratif, korset. ini membuat wanita jadi kecil dan berpinggang ramping, korset curvy akrab dari masa Victoria, dan korset berlapis yang meratakan dada wanita.
korset





jaman industrialisasi/Industrial Age
industrial age
dengan ditemukannya jenny (mesin tenun) pembuatan kan katun semakin meluas dan cepat. Pabrik-pabrik memproduksi masal pakaian dan untuk pertama kalinya orang mulai membeli ditoko daripada bikin sendiri dirumah
jenny




ditemukannya health korset, korset ini sangat baik tidak hanya untuk merampingakan perut. tapi juga untuk menyangga dada wanita
health korset





Pakaian dalam standar pada akhir abad ke-19 untuk pria, wanita dan anak-anak adalah persatuan sesuai, yang menyediakan cakupan dari pergelangan tangan ke mata kaki (ini "kulit kedua" gaya yang lebih dikenal sebagai laki hidung belang panjang hari ini). Baju penyatuan era biasanya terbuat dari bahan rajutan dan dimasukkan setetes penutup di bagian belakang untuk memudahkan kunjungan ke toilet. Laci untuk perempuan pada umumnya tidak dipakai sampai pertengahan abad kesembilan belas ketika adopsi crinolines membuat mereka perlu untuk alasan kesopanan dan kehangatan.




cawat olahraga diciptakan pada 1874 oleh CF Bennett dari Chicago barang olahraga perusahaan, Sharp & Smith, untuk memberikan kenyamanan dan dukungan untuk joki naik sepeda jalan-jalan batu besar Boston. Bennett pada tahun 1897 baru terbentuk Perusahaan Web dipatenkan dan mulai memproduksi massal Jockey Sepeda Strap. bentuk seperti inilah yang sampe sekarang masih dipakai





1900
dijaman ini kayaknya bentuknya yah itu2 ajah cuman bahannya diperhalus, dan semua boleh pke korset da kalangan bangsawan ajah

1910
munculnya bra pertama oleh mary phelps 1913, awal mulanya hanya dia ingin membuat penyangga dada dari 2 buah sapu tangan dan pengikat
eh ternyata desainnya yahud sehingga dia patenkan
brapertama



1920
flappers


galter belt rada bb warning



1930
Pada tanggal 19 Januari 1935, Coopers Inc menjual celana dalam pertama di dunia di Chicago.



1950-an dan 1960-an

Pakaian perempuan mulai menekankan payudara pinggang, bukan pada 1950-an.pengenalan bentuk bra yang kaya peluru, yaitu cup nya.
bullet bra lebih runcing

bra biasa



celana dalam cewe juga lebih berwarna, ga cuma sutra tapi celana ketat juga



1970-an sampai sekarang
Daya tarik seks menjadi titik penjualan utama
Tank top, sebuah tipe singlet dinamai sesuai swimwear Tank yang berasal dari tahun 1920-an
tanktop



gaya celana luar dipelorotin sedikit
biar keliatan daleman (gaya sag)



celana kolor alias celana longar, lebih adem dan tidak menghimpit ituh...



bahkan sekarang, ada mode baru yaitu style underballing(cowo) n underbuffing(cewe) yaitu tanpa memakai daleman
no pics^^

g-string (aw aw




gaya kelihatan underwear sedikit (biasanya cewe) merupakan bentuk prestige biasa disebut gaya whale

No comments:

Post a Comment